• 20 February 2021
  • RSNS Admin
  • 0

Vaksin Covid-19?

Sudah memasuki penghujung bulan Februari 2021. Vaksin COVID-19 Lengkap sudah banyak digunakan oleh tenaga kesehatan, tidak hanya tenaga kesehatan tapi vaksin COVID-19 juga sudah dilakukan oleh Presiden kami, Joko Widodo. Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa vaksinasi COVID-19 akan dilakukan secara bertahap, mulai dari Januari 2021. Soal distribusi, prioritas penerima, prioritas wilayah, dan pelaksanaan vaksinasi sudah diatur oleh Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI.

Pemerintah menetapkan 6 vaksin corona yang akan digunakan saat vaksinasi nanti. Seperti yang tertuang dalam Surat Menteri Kesehatan Nomor H.K.01.07/Menkes/9860/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), keenam vaksin tersebut adalah vaksin Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer Inc and BioNTech, dan Sinovac. Namun, dari 6 vaksin tersebut, kepastian dan komitmen baru didapatkan dari Sinovac.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah COVID-19. Vaksin COVID-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat COVID-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 dilakukan oleh dokter, perawat atau bidan yang memiliki kompetensi dan dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota atau milik masyarakat/swasta yang memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

RSU Nurussyifa juga menjadi tempat Vaksinasi COVID-19 dan untuk lokasi vaksinasi dilakukan di Klinik Pratama NS Klaling. Tenaga Kesehatan dan Tenaga Umum sudah dilakukan vaksinasi.